puskopditjatim@gmail.com

0341801273

PUSKOPDIT JATIM BERITA RAPAT ANGGOTA RK DAN RAPB TAHUN BUKU 2019 PUSKOPDIT JAWA TIMUR “Koperasi Hendaknya Menyatukan Hati”

RAPAT ANGGOTA RK DAN RAPB TAHUN BUKU 2019 PUSKOPDIT JAWA TIMUR “Koperasi Hendaknya Menyatukan Hati”

Bertempat di Rumah Diklat Puskopdit Jawa Timur, anggota Puskopdit Jawa Timur mengadakan Rapat Anggota. Rapat dihadiri oleh 38 Koperasi Kredit (Credit Union) dari 42 anggota Puskopdit Jawa Timur. Hanya 4 CU yang meminta ijin untuk tidak dapat hadir, yaitu: CU Central Jatim, Budi Luhur, Komajaya, Daya Kesuma.

Agenda rapat adalah:

  • Sosialisasi Pantia Pemilihan Pengurus dan Pengawas Tahun Buku 2019 – 2022
  • Open Forum yang membahas mengenai Perlindungan Simpanan dan Pinjaman Anggota (PERMATA)
  • Rapat Anggota Khusus
  • Dan Rapat Anggota Rencana Kerja dan Rencana Anggaran dan Biaya Tahun 2019 Puskopdit Jawa Timur.

Dalam sambutannya Penasihat Puskopdit Jawa Timur, Prof Dr. Nirbito menyampaikan: “Tantangan yang dihadapi koperasi saat ini cukup berat .

Perkembangan teknologi jangan sampai membuat kita lupa bahwa koperasi hendaknya menyatukan hati.

Fondasi dari koperasi adalah nilai-nilai, kebersamaan, bukan semata uang.

Kita harus menerapkan ilmu teknologi dalam pelayanan tetapi kita harus ingat bahwa koperasi membangun komunitas. Yang ada dalam diri kita adalah agenda gerakan bukan hanya pribadi, memiliki cita-cita bersama bukan membangun benteng akan tetapi membangun jembantan.

Terjuwudnya masyarakat yang adil dan makmur dalam pancasila adalah tujuan bersama, jangan ditunggangi untuk agenda-agenda yang lain. Mari kita fokus bagaimana bangunan Puskopdit semakin harus kita perkuat, perkokoh, dan dikembangkan. Jangan lupa pendahulu-pendahulu kita yang berjasa, kita harus menghargai apapun capaian-capain yang mereka lakukan kita harus berterimakah karena kita dipermudah saat ini karena jasa mereka dan kita harus berfikir kesinambungan dari periode yang sekarang ke periode berikutnya.

Prinsip dari koperasi yaitu Kita siap untuk berbeda pendapat, itulah inti demokrasi dalam kaitan kita ini adalah teman berfikir yang akhirnya masing-masing dari kita dalam bentuk komunitas kita bermitra dalam menindak lanjuti apa yang sudah menjadi kesepakatan.”

Dalam sosialisasi tentang pemilihan Pengurus dan Pengawas Puskopdit Jawa Timur untuk Masa Bakti 2019 – 2022, Panitia Pemilihan mengharapkan adanya partisipasi aktif dari semua anggota Puskopdit Jawa Timur, terutama yang telah memiliki hak dipilih untuk ikut serta meramaikan bursa calon pengurus dan pengawas .

Diskusi dala open forum, mengedepankan bahwa PERMATA adalah solidaritas, terutama untuk saling membantu antara anggota yang satu dengan yang lain melalui credit union masing-masing. Maka usulan-usulan yang disampaikan mengerucut pada kata kunci bahwa: “PERMATA adalah solidaritas”, karena itu perlu adanya kesepakatan dan aturan agar PERMATA tidak meninggalkan jati dirinya sebagai solidaritas. Akhirnya kesepakatan-kesepakatan tersebut diputuskan dalam Rapat Anggota Khusus.

Berkatian dengan Rapat Anggota Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya (RARK dan RAPB) Tahun Buku 2019, anggota memutuskan bahwa rancangan buku RK dan RAPB Tahun Buku 2019, beserta usulan dan perubahan-perubahannya disahkan.

1 thought on “RAPAT ANGGOTA RK DAN RAPB TAHUN BUKU 2019 PUSKOPDIT JAWA TIMUR “Koperasi Hendaknya Menyatukan Hati””

  1. FX Budijanto says:

    Usul khususnya poljak agar dibukukan sesuai usulan perubahan yg ada dan dibagikan ke masing2 primer saat RAT nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *